Rabu, 14 Januari 2015

Balas Dendam Sang Pecinta: Sebuah tulisan setelah menonton Film Ghajini

“Oh begitukah cinta, kekuataanya tak pandang siapa, sekalipun sang pecinta lemah tak berdaya, tetapi cinta bagaikan magic yang menggubahnya menjadi superman seketika. Orang yang dimabuk cinta tak kenal derita demi yang dicinta.”

Ungkapan ini cukup memberikan gambaran film yang kutonton malam ini. film dengan judul “Ghajini” dengan peran utama Amir khan bercerita tentang balas dendam Sanjay Singhani kepada sosok penjahat penjual organ manusia Ghajini. Ghajini yang telah membunuh pacar Sanjay “kalpana” di hadapan Sanjay yang terkulai lemah setelah kepalanya dipukul sampai berdarah. Kejadian itu pula yang menyebabkan dia menjadi orang yang cepat lupa, ia hanya mampu mengingat selama 15 menit, setelah itu, ia tak tahu, dirinya siapa. Karena itu ia menulis, mentatto dirinya dengan nama-nama orang yang harus dibunuh untuk balas dendam. Yang jelas Ghajini adalah sosok utama yang harus dibasmi.

Sebelumnya Sanjay dan Kalpana adalah dua insan yang saling mencintai, mereka tidak memiliki masalah dengan Ghajini, masalah itu datang ketika Kalpana pergi ke Goa dan Sanjay pergi ke London untuk urusan bisnisnya. Kalpana yang saat itu berada di atas kereta terkejut ketika dia melihat sosok gadis yang bersembunyi di kolong kereta, gadis itu ketakutan, ia melarikan diri dari orang yang sudah membawanya dengan alasan bekerja, tapi ternyata dijual, hanya gadis itu yang berhasil kabur sementara yang lainnya masih ditawan, dan banyak di antara mereka yang sudah dibedah dan ginjalnya diambil.

Kalpana segera bersembunyi menyembunyikan gadis malang itu, sementara itu gerombolan pejahat itu datang mencari si gadis, awalnya penjahat itu tidak tahu dimana mereka, tetapi seorang kakek tua memberitahu setelah diberikan uang oleh penjahat tersebut. Kalpana yang bersembunyi di toilet dengan gadis itu terjebak. para penjahat mendobrak meneriaki mereka untuk keluar. Kalpana segera melepas segala perhiasannya dan membuangnya keluar, agar para penjahat itu pergi, dan benar saja, para penjahat itu pergi.

Namun baru beberapa detik Kalpana dan gadis itu keluar dari toilet, mereka dikejutkan oleh para penjahat yang ternyata bersembunyi di kursi kereta, mereka mengambil gadis itu dan memukul Kalpana. Ajaibnya ketika Kalpana membuka pintu gerbong yang lain, segerombolan tentara sedang berada di sana, walhasil kalpana segera meminta tolong, segerombolan tentara itu langsung beraksi menghajar para penjahat, kalpana pun selamat dan para gadis yang ditawan selamat juga.

Kalpana yang mana adalah seorang model membawa para gadis itu untuk dirawat di Rumah sakit. Penyelamatan yang dilakukan oleh Kalpana itu menjadi trending topic, beritanya segera tersiar. Sayangnya sosok Ghajini yang merupakan otak dari penculikan dari para gadis itu murka, ia seperti sosok mafia hukum, polisi pun takut kepadanya.

Penyelamatan yang dilakukan oleh Kalpana menjadi pintu pembuka pembunuhan yang dilakukan Ghajini kepada Kalpana. Kalpana pulang dari rumah sakit, seorang polisi wanita menelponnya agar jangan pulang, karena Ghajini akan membunuhnya. Sayang berita itu terlambat, Kalpana sudah berada di Apartemennya, para penjahat pun sudah berada di sana. Kalpana lalu bersembunyi di sebuah tempat yang cukup sulit untuk ditemukan. Di saat genting seperti itu, Sanjay datang, ia memencet bel berkali-kali, ia juga mencoba mengetuk, tapi penjahat itu telah berada di dalam, Kalpana  yang terjebak segera menelpon Sanjay, sayangnya handphone sanjay ada di mobilnya, memang lengkap dan sudah diatur oleh sutradara, Sanjay pun pergi.

Sementara itu, para penjahat sebentar lagi menemukan Kalpana, tapi beruntungnya melihat pintu terbuka, mereka merasa Kalpana telah melarikan diri. Sanjay yang berada di dalam mobilnya melihat handphonenya dimiscall oleh Kalpana. Sanjay langsung menelpon Kalpana, suara panggilan Sanjay berdering di handphone Kalpana, bersamaan dengan itu para penjahat itu kembali ke Apartemen Kalpana setelah mendengar dering handphone tersebut, sementara itu Kalpana dalam situasi terdesak segera memberitahukan Sanjay, sayangnya penjahat itu datang dan menemukan Kalpana. Sanjay yang masih memegang handphonenya mengetahui sesuatu yang tidak baik terjadi dengan pacarnya. Ia lalu memutarbalik menuju Apartemen Kalpana.

Sesampai di sana, Kalpana sudah lemas, menghampirinya dengan punggung tertusuk, ia mengucapkan kata-kata “Ghajini”, lalu dari belakang pukulan keras menimpa kepala Sanjay, lalu tepat di hadapan Sanjay pancarnya dibunuh, sementara itu ia juga dipukul kembali tepat di kepalanya, kejadian itulah yang menyebabkan ia menjadi orang yang mudah lupa.

Sekalipun begitu, kekuatan cinta yang telah mereka bangun antara sanjay dan kalpana, mampu menjadikan sanjay menjadi pecinta sejati dengan membalas dendam, meskipun ia memiliki penyakit mudah lupa, tapi ia menulis bahkan mentatto dan memfoto semuanya agar tidak mudah lupa.

Balas dendam dilakukan, setelah dibantu oleh seorang mahasiswa kesehatan yang awalnya memberitahu Ghajini tentangnya, tetapi setelah membaca catatan harian Sanjay dan menelusuri segala fakta tentang kisah cinta Kalpana dan Sanjay, mahasiswa kesehatan itu lalu membantu Sanjay untuk balas dendam.

Sanjay yang saat itu berada di rumah sakit didatangi mahasiswa kesehatan itu, ia diceritakan dan diberikan catatan harian dan koran tentang penyelamatan yang dilakukan Kalpana kepada para gadis yang dijual dan diambil organ dalamnya dan hal tersebut yang menjadi gerbang kepahitan hidup sang pecinta.

Sanjay mengamuk di Rumah sakit, mahasiswa kesehatan itu lalu mengantarnya menemui Ghajini, Sanjay sang pecinta sejati tak kenal derita, ia merangsek maju membasmi para pengawal Ghajini, sampai akhirnya menemui Ghajini dan memukul habis-habisan. Ghanjini berhasil meloloskan diri dan mencoba bersembunyi, sementara itu Sanjay kembali lupa tidak ingat apapun. Ia terus berjalan menyusuri tempat persembunyian Ghajini, hingga ia menemukan Ghajini, tapi sanyay telah lupa.

Ghajini tidak menyia-nyiakan kesempatan itu, mengetahui Sanjay kembali lupa, ia berpura-pura minta tolong lalu dari belakang menusuk perut Sanjay dengan besi. Mahasiswa kesehatan yang melihat hal tersebut berlari menyelamatkan Sanjay, sayang nya Ghajini memukul gadis itu sampai terjatuh. Kejadian saat ini persis dengan kejadian ketika Kalpana dibunuh, ini mengingatkan sanjay, bahkan Ghajini sendiri yang sengaja mengingatkan Sanjay, ia bertingkah mengulang apa yang dilakukan kepada Kalpana dengan berusaha membunuh mahasiswa kesehatan tersebut. Sanjay segera bangkit dan mencabut besi yang tertusuk di perutnya. Besi itu melayang menimpa wajah Ghajini, Ghajini habis-habisan dipukul, terakhir dieksekusi sama halnya dengan bagaimana Ghajini membunuh Kalpana.

Berakhir sudah kisah balas dendam sang pecinta ini, film ini ditutup dengan Sanjay yang kembali kepada kehidupannya, ia membaktikan diri di yayasan Kalpana, mahasiswa kesehatan itu datang dan memberikan benda berharga, prasasti kaki antara Sanjay dan Kalpana, film ini berakhir, yang ada adalah imaginasi Sanjay memegang tangan Kalpana di atas prasasti itu, tapi hanyalah halusinasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar