Sabtu, 22 April 2017

Review IV: Islam Tak Mesti Jadi Formal Untuk Wujudkan Kesejahteraan Rakyat


Sub Judul: Islam, Negara dan Rasa Keadilan

Beralih kepada sub judu “Islam, Negara dan Rasa Keadilan”, entah seperti apa harus memahaminya. Jelasnya, kalau menerka maksud dari ini, menurutku sub judul ini akan menampilkan rasa keadilan dalam Islam dan Negara. Daripada bingung, ayo kita selami paragraf demi paragraf.

Benar sekali, paragraf pertama pembahasan kali ini langsung mengarah kepada bagaimana kitab suci al-Qur’an mengandung prinsip keadilan, bahkan proseduralnya; seperti yang terkutip (QS. al-Nisa (4): 35. Ayat ini memberikan titik terang bahwa keadilan menjadi titik sentral Islam.

Pada hal prosedural, ayat al-Qur’an QS. Al- Baqarah (2) 282, yang meminta menulis hutang, menjadi bukti kepedulian atau penekanan terhadap rasa keadilan. Setelah membaca lebih banyak, disebutkan pula bahwa keadilan dalam Islam tidak hanya menyangkut prinsip dan prosedurnya, tetapi juga pelaksanaannya.

Sayangny bahwa keadilan-keadilan seperti ini ada pada tatataran mikro, sementara pada tataran makro yang mencakup sistem kemasyarakatan belum ada.

Pada tataran makro, pemimpin negara dituntut untuk  memberikan kesejahteraan pada rakyat dengan mewujudkan keadilan. Keadilan menjadi penting, apalagi melihat realitas  dunia saat ini di negeri-negeri muslim; pemimpin hidup sejahtera sementara banyak penduduknya berada pada garis kemiskinan.

Hal yang penting dalam pembangunan sebuah negara adalah kesejahteraan rakyat bukan mengejar modernitas. Ini dilihat Gus Dur sebagai tantangan; bagaimana tetap bisa memberikan kesejahteraan terhadap rakyat tanpa mematikan pergerakan pemilik modal untuk berkembang.

Jika negara mampu mewujudkan kemakmuran pada taraf tertentu itu juga bisa disebut penunaian kewajiban Negara. Kalaupun Masyarakat Islam bisa menyejahterakan rakyat, maka Islam pun tanpa harus formal bisa memberikan kesejahteraan.


Sumber Foto:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgR-kMp8B9ojDS9sFhACYK40m10gTf-SM2t9k0fa1_-HRPqzBkkGfOTSVKxRzBroxQ61G9Yp4_iseVTNU59Nqa6cgISh_2qtD021kQgXiadXCXrKVAlaO6MvDBygjifirYslDRvBkDv_Zw/s1600/Screenshot_100.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar