Rabu, 03 Agustus 2016

“Tha Siin Mim”


Sumber Foto: www.rumahquranalkaiyis.com

Tha siin mim
(QS. Asyuara (26): 1)

Ayat inilah, ayat-ayat yang termasuk membingungkan semua orang. Pasalnya, tidak banyak orang yang mengetahui maknanya. Di dalam tafsira-tafsiran para mufassir, terutama mufassir ahlusunnah, ayat-ayat ini tidak ditafsirkan, mereka sering mengungkapkan “hanya Allah yang tahu maknanya”.

Iya, ayat-ayat ini memang telah membingungkan semua pihak, ayat ini kita kenal dengan huruf muqathaah, atau disebut juga dengan “the mysterious letter”. Iya, ayat-ayat ini memang sangat misterius.

Meski begitu, beberapa ulama dan riwayat juga mencoba menjelaskan prihal ayat ini. Ada yang mengkait-kaitkannya dengan sifat Tuhan, Nabi,  ada juga yang mengkaitkannya dengan para sahabat, dan lain-lain. Kebanyakannya yang berani menafsirkan ayat-ayat yang seperti ini adalah mufassir-mufassir sufi. Terutama dari kalangan mufassir syiah.

Bagi yang beranggapan bahwa segala apa yang ada dalam al-Qur’an memiliki makna yang harus dipahami, maka huruf muqathaah tentu memiliki makna yang harus dipahami manusia. Mereka beranggapan bahwa al-Quran adalah petunjuk, sebagai petunjuk tentu ia harus bisa dimengerti.

Ada benarnya juga, tetapi kalau bagi saya tentu, menemukan makna dari huruf muqathaah ini tentu jauh sekali. Namun, huruf muqathaah ini nyata telah mengusikku, karena banyak tafsiran mufassir dan para peneliti al-Qur’an yang seperti mereduksi kemuliaan al-Qur’an dan nabi.

Karena itu, rencananya skripsiku akan meneliti mengenai huruf muqathaah ini.

Ada banyak hal yang mesti ditelusuri dari huruf muqathaah ini, akan ada banyak hal yang akan kita dapatkan. Karena ia misterius, tentu ia adalah sesuatu yang spesial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar