Rabu, 31 Agustus 2016

Ampunan Bagi Yang Tak Berdosa


Sumber Foto: www.aktual.com

Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang  memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang menyebut nama Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka Ampunan dan Pahala yang besar.
(QS. Al-Ahzab (33): 35)

Dari ayat di atas, dapat kita mengerti bahwa antara laki-laki dan perempuan tidak ada perbedaan dalam hal relasi kepada Tuhan. Semua memiliki derajat dan kesempatan yang sama di sisi Tuhan. Maka tidak ada pengecualian dalam hal relasi dengan Tuhan, sabar bukan Cuma untuk perempuan, memelihara kehormatan bukan Cuma untuk perempuna, bersedekah bukan Cuma untuk laki-laki. Jadi, laki-laki dan perempuan sama saja dalam hal ketaatan kepada Tuhan.

Kalimat terakhir ayat ini menyebutkan bahwa mereka telah disediakan ampunan dan pahala yang besar, ini menjadi tanda tanya, kenapa orang yang sudah menjaga ketaatan, bersedeqah, berpuasa dan lain-lain masih saja disediakan ampunan. Logikanya, hanya orang berdosa kemudian bertaubat yang diberikan ampunan.  Disediakan  pahala baru logis, karena mereka menjalankan ketaataan. Ini kita tahu mereka selalu menjalankan ketaatan,menyebut nama Tuhan, menjaga kehormatan, bagaimana ada celah dosa?

Ini masih menjadi tanda tanya besar, apa makna ampunan di sini, apakah ampunan bukan hanya milik pendosa, ataukah mereka (yang disebutkan ayat) sewaktu-waktu bisa melakukan dosa, tetapi sudah disiapkan ampunan kalau mereka bertaubat? Ini perlu mendapat jawaban.

Memang potensi berbuat dosa dimilki oleh semua orang. Namun, ketika disebutkan bahwa mereka yang bersedekah, taat, khusyuk, benar, darimana mereka berbuat dosa? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar