Jumat, 13 Juni 2014

Daya Pikat Buku yang Berjudul "Mozaik Khazanah Islam"


DAYA PIKAT BUKU YANG BERJUDUL MOZAIK KHAZANAH ISLAM
Oleh Salim Rahmatullah

Sudah beberapa hari aku memilah–milih buku untuk tugas akhir proyek dua bahasa Indonesia, buku yang cocok bagiku tidak ketemukan juga. Buku-buku yang aku punya pun jarang yang menarik hati, bukannya tidak menarik hati, menarik sih menarik , hanya saja indeks yang dimaksudkan Pak Hernowo tidak pernah menghiasi buku-bukuku. Akhirnya kuputuskan untuk mencari buku di perpustakaan STFI Sadra, ada banyak buku yang bisa kupilih dan memiliki indeks tapi hatiku belum tertarik juga, tak ingin terlarut dalam kemalasan, aku memutuskan mengambil sebuah buku yang didominasi dengan warna hijau, ditambah sedikit warna biru dan tulisan judul, pengarang, dan penerbit yang memiliki warna berbeda tapi tidak  kontras.


Buku yang terdiri dari 204 halaman ini berjudul Mozaik Khazanah Islam, judul besar ini ditulis dengan jenis font yang tidak formal juga tidak informal, tetapi perpaduan antara formal dan informal sehingga cocok untuk orang seperti diriku , di bawah judul utama sebuah judul kecil tertulis Bunga Rampai dari Chicago, cukup menarik judul kecil dari buku ini, judul ini seperti menarikku untuk segera mengetahui isinya? Kenapa diberi judul seperti ini? Keinginanku untuk segera membaca buku ini aku tunda dulu, karena aku harus menghabiskan melihat hal menarik dari sampul buku ini, seperti penjelasan dari pak hernowo. Buku ini ternyata ditulis oleh orang terkenal di Indonesia, seorang Guru Filsafat ternama dialah  Dr. Mulyadhi kartanegara, karena ia di tulis oleh Mulyadhi Kartanegara aku rasa akan ada banyak hal yang mencerahkan, lagi-lagi aku ingin segera menyelam ke dalam lautan tulisan-tulisan beliau, tapi aku tahan terus. Di pojok atas bagian kiri buku ini tertulis penerbit buku ini yaitu Paramadina sebuah penerbit dari kampus di Jakarta Universitas Paramadina, terakhir buku ini aku rasa antara judul dan warna sampul memiliki kedekatan makna, judul yang bertulis Mozaik Khazanah Islam dengan warna hijau menunjukkan islam yang damai.

Aku rasa untuk mengungkapkan sampul depan  buku ini sudah cukup, aku langsung beralih kepada sampul belakang, tapi sayang yang aku temukan berbeda dengan yang dijelaskan oleh Pak Hernowo, di sampul belakang buku ini tidak ada endorsement, tidak ada foto seperti foto malala yang dicontohkan Pak Hernowo di KIQS2 , tapi yang menarik adalah sinopsis yang begitu memuji dan menunjukkan kedalaman dan begitu berharganya buku ini, buku ini bisa menjadi alat penyadar terhadap kekayaan khazanah-khazanah islam yang perlu direvitalisasi oleh generasi muda islam.

Aku lalu membuka halaman daging buku ini, tidak ada yang berubah , hanya warna hijau terganti oleh warna kertas putih, namun sangat menarik ketika aku  membuka lembar selanjutnya, aku menemukan daftar isi buku ini dengan seksama, sehingga aku merasa fisik buku ini tidak penting tapi isinya yang terkandung di dalamnya memang sangat kaya. Tampak deretan-deretan ilmuwan muslim tertulis dalam daftar isi buku ini ada Al-Kindi,  Al-Farabi, Al- Ghazali dan lain-lain , buku ini juga tidak sekedar ada biografi para ilmuwan tetapi juga pemikiran –pemikiran mulyadhi kartanegara juga tertuang, itu terlihat dari daftar isinya, akupun berkesimpulan sekali lagi buku ini menarik dan perlu dibaca oleh generasi muda islam.
Tak melupakan hal yang satu ini “ Indeks” aku lalu membuka indeks buku ini, pada indeks ini aku terjatuh pada sebuah kata menarik  “bilqis” sekalipun aku memang mengetahui siapa itu bilqis dialah ratu pada zaman Nabi Sulaiman, tetapi yang menarik hatiku memilih kata ini adalah kenapa kata “bilqis” berada dalam buku ini? Pada indeks ini tertulis “bilqis” berada pada halaman 84, aku lalu membuka halaman itu , setelah membaca beberapa paragraf yang mengandung kata bilqis, aku mendapatkan kesimpulan kata bilqis di buku ini hanya sebagai contoh kehebatan dari hamba Allah yang mampu memindahkan makhkota atau singgasana ratu bilqis.

Selesai dengan hal indeks aku mencoba melihat daftar pustaka dari buku ini, lalu aku melihat berbagai macam referensi dengan berbagai macam bahasa di dominasi bahasa inggris dan arab, referensi yang beraneka ragam dengan berbagai macam bahasa ini menunjukkan kayanya buku ini dan kecerdasan pembuatnya, sehingga sekali lagi aku rasa buku ini sangat menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar