Jumat, 13 Juni 2014

untaian kata tentang "Hernowo"




Hernowo Hasim:Bukan Sekedar Menulis

Aku bingung,hal unik apa yang harus aku temukan dalam kehidupan Pak Hernowo,apalagi pertemuanku dengan nya, barulah dua kali pertemuan, meskipun Ia menyarankan kami untuk merujuk kepada sumber-sumber tentang beliau dan menemukan keunikan beliau lewat tulisan-tulisan tersebut,bagiku menemukan sendiri keunikan seseorang dari pengalaman berinteraksi dengannya lebih terkesan menarik, daripada menyusuri kehidupan seseorang dari buku-buku dan tulisan orang lain terhadapnya.


Tetapi kuantitas pertemuanku yang baru sedikit menyebabkanku kurang mendapatkan keunikan yang sejati  yang dimiliki oleh Pak Hernowo,sehingga Aku harus membaca, ya,,, membaca,Aku lalu membaca sebuah buku elektronik yang dikarang oleh Pak Hernowo,buku tersebut berjudul “Aku Ingin Bunuh Harry Potter” ,tapi Aku tidak sepenuhnya membaca buku ini,Aku hanya membaca 2 lembar  yang berisi opini atau pandangan orang terhadap Pak Hernowo setelah membaca tulisan-tulisan Pak Hernowo.
Pandangan terhadap Pak Hernowo di mulai dari pandangan Riris K. Toha Sarumpaet seorang  Guru Besar Fakultas Ilmu Pengetahuan dan  Budaya Universitas Indonesia yang berkata ” gaya Hernowo yang mengajak para remaja untuk menulis,mengenali diri,dan mengikat makna ,sebenarnya adalah juga  obat yang berdosis tinggi yang harus ditelan oleh para orangtua”,kemudian pandangan terhadap Pak Hernowo didalam buku “Aku Ingin Bunuh Harry Potter” itu diakhiri oleh pandangan Haidar Bagir,Direktur dari  Sekolah Lazuardi yang berpandangan”setiap kali membaca buku Hernowo,Saya selalu merasakan gairah yang menyala-nyala terhadap  kegiatan baca-tulis.bukan lagi  sebagai sekedar bekal bagi  wawasan,peningkatan ketrampilan,atau keberhasilan dalam karir melainkan tak kurang sebagai kunci meraih kebahagiaan hidup”.
Dari  pandangan-pandangan  dalam buku tersebut aku hanya mendapatkan inti bahwa Hernowo adalah seorang Penulis  hebat yang berbeda dengan para Penulis hebat lainnya,Ia mampu menulis buku yang menggugah,memotivasi untuk menulis ,inspiratif,membuat tulisan seperti hidup,tulisan mudah dibaca dan dipahami,sehingga tidak menjemukan para pembaca,tetapi pembaca mendapatkan manfaat dari membaca buku Hernowo.
Ini menunjukkan bahwa Hernowo bukanlah sekedar menulis,bukan sekedar merangkai kata,tapi Ia menulis untuk bagaimana para pembaca dapat termotivasi dan bergerak mengikat makna dari segala apa yang dibaca,agar apa yang para pembaca baca tidak sia-sia,melainkan menghasilkan karena makna yang didapatkan di dalam membaca diikat sehingga tidak lepas atau tetap berada ditangan pembaca.
Yang ingin saya tekankan bahwa Pak Hernowo bukan sekedar menulis.

Source:
Ø  Buku  karya Hernowo “Aku Ingin Bunuh Harry Potter”
Ø  Pengalaman pribadi(penulis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar